Judul kolom

Kamis, 20 Juni 2013

Fiqh Birrul Walidain

Fikih Birrul Walidain

image
Kode: ALQ-124
Harga: Rp39.000,00
Pengarang: Syaikh Abu Abdillah Mustahafa al-'Adawi
Penerbit: PUSTAKA AL-QOWAM
Berat: 0,4 kg





Deskripsi:
Orang tua adalah permata mulia yang dapat mengantarkan seseorang menuju surga, jika ia berbakti kepada keduanya. Namun orangtua juga bisa menjadi 'pintu neraka' bagi seorang anak yang berbuat durhaka kepada keduanya. Orang yang berakal tentu akan memilih 'menjemput' surga dengan bakti orangtua.
Secara umum, setiap amalan ada fikihnya. Shalat ada fikihnya, zakat ada fikihnya, haji dan umrah serta puasa ada fikihnya. Demikian halnya berbakti kepada orangtua (birrul walidain) juga ada fikihnya, yang seyogianya dipahami sehingga seorang muslim bisa memiliki pengetahuan yang benar tentang bagaimana seharusnya ia bersikap kepada kedua orangtuanya.
Bolehkah ibu atau ayah yang kurang ilmunya dicekal hartanya? Bagaimana hukum mempuasakan orangtua yang sudah meninggal dan mengirimkan pahala bacaan Al-Qur'an kepadanya? Orangtua yang memaksa anaknya menikah, pakaian anak perempuan di depan ayahnya, dan ayah mencium anak perempuannya, dan lain sebagianya.
Walhasil, buku ini menjadi sangat penting karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah menegaskan bahwa bakti kepada orangtua adalah amalan shalih yang mengantarkan surga, "orangtua adalah pintu surga yang paling tengah. Terserah maumu, apakah engkau menyia-nyiakan pintu itu atau memeliharanya. "(Al-Hadits)



«

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toko online Muslim